Bagaimana cara menulis Puisi dan membuat video puisi yang bagus?

Bagaimana cara menulis Puisi dan membuat video puisi yang bagus?

Minggu, 09 September 2018 00:18 WIB | 3.192 Views 2018-09-09 00:18:08

Salam Teh Iis, saya sering menonton video-video puisi teteh di Youtube, walaupun akhir-akhir ini seperti teteh sibuk ya jadi tidak sempat buat video lagi. Nah saya ingin tanya, bagaimana teteh membuat puisi itu dan bagaimana video puisi itu dibuat? Dwi, Bandung

Jawaban:

Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung ke website saya dan menonton beberapa video puisi saya di youtube. Jika bicara tentang puisi, nyatanya setiap orang bisa berpuisi, hanya saja tidak semua orang paham tentang puisi itu sendiri. Puisi adalah sebuah produk sastra yang memang juga ada aturannya seperti produk sastra lainnya. Aturannya ada, teknik membuatnyapun ada.

Puisi identik sekali dengan rasa, saat senang maka puisi yang ditulispun biasanya berisi kalimat-kalimat yang bahagia, begitupun saat sedih, puisinya akan lebih terasa "melow". Namun, ada juga puisi yang hadir karena tuntutan, misal karena tugas sekolah atau karena tuntutan pekerjaan, maka apapun kondisi kita harus bisa menulis sebuah puisi yang diinginkan.

Kunci dapat menulis sebuah puisi adalah sering membaca puisi, semakin sering kita mendengarkan puisi dari orang lain, semakin banyak inspirasi untuk membuat sebuah puisi, tentu bukan meniru tetapi hanya sebagai inspirasi, setiap orang punya bahasa dan cara mengungkapkanya. Seringlah berlatih dan bacakanlah puisi untuk orang-orang sekitar kita.

Lalu, terkait dengan video, sudah banyak juga bagaimana caranya di Internet, kalau susah, fokuslah untuk membuat puisinya dan ajak teman kita yang bisa membuat video untuk membantu kita memproduksi video, menguploadnya ke youtube. Selamat berkarya :)


Baca atau Download PDF Diary Siti Salamah Azzahra



Untuk mengajukan pertanyaan bahasa dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas pertanyaan dibagian bawah website atau dengan cara mengirimkan email ke sitisalamahazzahra [at] gmail.com





Konsultasi Lainnya

Cara Berkonsultasi
Untuk mengirimkan pertanyaan dan konsultasi, silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui alamat email sitisalamahazzahra@gmail.com.