Konsultasi
Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Sabtu, 28 Juli 2018 07:47 WIB | 45 Views 2018-07-28 07:47:20

Salam, Semoga Teteh sehat selalu yah, maaf teh boleh yah konsultasi sedikit lewat email ini. Saya lihat di tahun 2016, teteh menjadi salah satu pemenang di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Kopertis IV. Apa saja tips nya teh supaya bisa mencapai hal tersebut? Santi di Bandung

Jawaban:

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke website sederhana saya. Sahabat Santi di Bandung yang baik. Perlu ditanamkan dalam hati kita bahwasanya setiap prestasi kita ada 2 hal yang menjadi penentu yaitu, Kuasa Allah dan Ikhtiar kita. Kita harus meyakini bahwa jika kita melakukan ikhtiar yang terbaik, maka Allah akan memberikan yang terbaik. Bila pun tidak, itu adalah ladang amal untuk kita bersabar sembari terus berjuang dan tidak patah semangat. Setelah keyakinan itu ada, baru hal-hal lain yang harus kita lakukan yang menurut saya sifatnya adalah teknis seperti:

  1. Membuat karya tulis kita dengan baik, unik dan memiliki kebermanfaatan untuk banyak orang dan memungkinkan untuk di implementasi. Pengalaman saya, bahasan karya tulis yang unik menjadi nilai plus dalam pemilihan mahasiswa berprestasi.
  2. Tunjukan kemampuan diri. Selain memiliki pemahaman yang mendalam tentang karya tulis yang kita buat. Kita juga harus memahami betul potensi, kelebihan dan kekurangan diri dengan begitu kita akan percaya diri saat presentasi dan saat test-test lain dalam tahapan pemilihan.
  3. Berusaha melakukan yang terbaik dari setiap tahapan yang ada. Biasanya pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai dari tingkat jurusan, naik ke fakultas hingga lembaga, setelah itu masuk ke tahapan selanjutnya hingga tingkat nasional. Dengan melakukan yang terbaik, insyaAllah kita semakin teruji.
  4. Jalin komunikasi dengan para peserta tahun-tahun sebelumnya. Langkah teteh tepat sudah tepat sekali. Jangan malu untuk bertanya dan mencari informasi dari mereka.
  5. Perbanyak bacaan dari buku, internet dan sumber lain khususnya yang berhubungan dengan makalah yang kita buat.
  6. Selalu berkomunikasi dengan dosen pembimbing supaya kita punya dukungan langsung.
  7. Minta dukungan ke teman-teman di kampus, diluar kampus, tidak ada salahnya minta doanya.

Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencapai itu tentunya, tapi kembali lagi prinsip dasar ketika kita berlomba, berkompetisi adalah ikhitiar dan juga keputusan Allah. Saya doakan semoga berhasil :)

Diary Siti Salamah Azzahra



Untuk mengajukan pertanyaan bahasa dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas pertanyaan dibagian bawah website atau dengan cara mengirimkan email ke sitisalamahazzahra [at] gmail.com




Konsultasi Lainnya
Bagaimana cara menulis Puisi dan membuat video puisi yang bagus?
Minggu, 09 September 2018 00:18 WIB
Bagaimana cara menulis Puisi dan membuat video puisi yang bagus?
Salam Teh Iis, saya sering menonton video-video puisi teteh di Youtube, walaupun akhir-akhir ini seperti teteh sibuk ya jadi tidak sempat buat video lagi. Nah saya ingin tanya, bagaimana teteh membuat puisi itu dan bagaimana video puisi itu dibuat? Dwi, Bandung

Cara Berkonsultasi
Untuk mengirimkan pertanyaan dan konsultasi, silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui alamat email sitisalamahazzahra@gmail.com.