Makalah: Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembangunan Karakter

Makalah: Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembangunan Karakter

Oleh | Rabu, 27 Desember 2017 14:17 WIB | 4.625 Views 2017-12-27 14:17:34

Bahasa memang memiliki andil paling besar dalam suatu komunikasi karena bahasa merupakan syarat utama untuk terjadinya komunikasi. Bahasa juga dapat menunjukan bangsa. Tingkat peradaban dan jati diri bangsa salah satunya ditunjukan oleh cara berbahasa masyarakatnya. Bahasa menunjukan cerminan pribadi seseorang dapat diidentifikasi dari perkataan yang ia ucapkan.

Untuk menjaga identitas bangsa dalam wujud bahasa Indonesia sebagai penjaga lambang keindonesiaan tidak lepas dari berbagai tantangan dan peranan. Tantangan pertama, yakni perkembangan BI (Bahasa Indonesia) yang dinamis, tetapi tidak menimbulkan pertentangan diantara masayarakat. Pada saat bersamaan bangsa Indonesia sudah mencapai kedewasaan berbahasa. Sekarang tumbuh kesadaran secara emosional bahwa perilaku berbahasa seseorang terkait dengan masalah nasionalisme. Salah satu bukti banyak orang yang lebih suka memakai bahasa asing, karena sudah terbukanya informasi dan telekomunikasi. Tantangan kedua, yakni persoalan tata istilah dan ungkapan ilmiah. Kedua tantangan tersebut dapat direduksi melalui pengajaran dan pengaplikasian peran bahasa Indonesia itu sendiri untuk pembangunan karakter pemakainya.

Pada makalah ini, penyusun akan mencoba mengungkapkan peranan bahasa Indonesia dalam pembangunan karakter. Selain itu akan dipaparkan pula bagaiman fungsi serta kedudukan bahasa Indonesia. Ada pula poin yang terpenting yaitu tentang membentuk karakter melalui bahasa Indonesia ataupun pengintegrasian karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 



Referensi / Daftar Pustaka


Ansari, K. (2010). Peran bahasa indonesia untuk pererat bangsa dan implikasinya untuk pengembangan karakter. Dalam Idiosinkrasi pendidikan karakter melalui bahasa dan sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

Bacon dan Pugh. (2006). “Karakter dan kepribadian yang cerdas”. Dalam Madya etika dalam forum ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2000). Membangun karakter bangsa indonesia melalui kursus dan pelatihan. Jakarta: Kemendiknas Press.

Latif, Y. (2009). Menyemai karakter bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Wood. (2009). “A what is character?”. Dalam http / ezieartidas.com/ diakses pada 8 Maret 2017.

Rohmadi. (2008). Teori dan aplikasi bahasa indonesia di perguruan tinggi. Jakarta: UNS Press.

Tanjung, Akbar. (1990). “Peranan bahasa indonesia dalam pembinaan generasi muda”.

Dalam Kongres bahasa indonesia v. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Makalah Bahasa Indonesia Lainnya
Makalah: Penyusunan Pengutipan dan Daftar Pustaka Menurut American Psychological Association (APA) Dalam Karya Ilmiah
Rabu, 27 Desember 2017 06:18 WIB
Makalah: Penyusunan Pengutipan dan Daftar Pustaka Menurut American Psychological Association (APA) Dalam Karya Ilmiah
Pengetahuan teori mengenai cara pengutipan dan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar amat penting bagi mahasiswa khususnya dalam menulis Karya Tulis, Berikut ini adalah makalah yang berjudul Penyusunan Pengutipan dan Daftar Pustaka Menurut American Psychological Association (APA) Dalam Karya Ilmiah