Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting
Oleh Administrator | Sabtu, 19 Agustus 2023 04:40 WIB | 161 Views
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting

Sosialisasi parenting merupakan suatu kegiatan pendukung untuk mengenalkan dan pembelajaran nilai-nilai sosial, norma, dan budaya yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga kepada anak-anak mereka.

Adapun tujuan dari sosialisasi parenting adalah untuk membantu anak-anak memahami dunia di sekitar mereka dan menjadi anggota masyarakat yang baik. Sosialisasi parenting juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan.

 

Dalam hal ini, kelompok KKN-131 desa Susuhbango berinisiatif mengadakan kegiatan sosialisasi parenting khususnya untuk pola asuh anak usia remaja. Dalam pelaksanaannya kelompok KKN-131 juga berkolaborasi dengan kelompok kader desa Susuhbango dalam 1 tema kegiatan sosialisasi tentang parenting Bina Keluarga Remaja.

Kegiatan sosialisasi parenting tersebut dilaksanakan pada hari Selasa 15 Agustus 2023 di Balai desa Susuhbango-Ringinrejo-Kediri yang dihadiri oleh kepala desa Susuhbango (Bapak Siswanto, bapak dosen pembimbing lapangan (Drs. M. Qomarul Huda, M.Fi.I), perangkat desa Susuhbango dan jajaran kelompok kader desa Susuhbango.

 

Dilansir dari laman Kompasiana, yang melatarbelakangi kegiatan sosialisasi parenting tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan lebih bagaimana bentuk pola asuh yang dapat diterapkan dalam parenting anak usia remaja, mengingat usia remaja merupakan usia yang rentan dan perlu pendampingan khusus dari lingkungan terkecil di sekitarnya, yakni keluarga.


Adapun alasan lain yang melatarbelakangi kegiatan tersebut juga di desa Susuhbango terdapat sanggar orang dalam gangguan jiwa, yang dalam hal ini kelompok KKN-131 berharap dapat memberikan sosialisasi bentuk parenting secara Psikologis anak usia remaja guna untuk menghindari hal-hal yang kurang baik secara Psikis dan Psikologis terhadap mental anak dalam asuhan oarng tua, juga telah dijelaskan di atas bahwa kegiatan sosialisasi tersebut juga merupakan kegiatan desa yang menjadi salah satu program yang dikelola desa Susuhbango. Maka dari itu, kegiatan tersebut sudah bisa dikatakan sesuai dengan tema yang diambil oleh kelompok KKN-131 tentang Pengembangan Tata Kelola Kapasitan Pendidikan Desa Susuhbango.

 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan sosialisasi tersebut mengusung tema Sosialisasi Parenting "Pembentukan Psikologis yang Sehat Untuk Remaja yang Hebat" dengan mengundang narsumber/pemateri yang sudah ahli dibidangnya, yaitu Ibu Fatma Puri Sayekti, M.Psi,. Psikolog. Beliau merupakan dosen Psikologi IAIN Kediri, seorang Psikolog Industri dan Organisasi, juga menjabat sebagai ketua himpunan psikologi Indonesia (HIMPSI) cabang Kediri Raya.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan terlebih dahulu oleh moderator, seorang mahasiswa IAIN Kediri program studi Tadris Bahasa Inggris, Sylvia Putri Ainurrifah. Kemudian disambung paparan latar belakang singkat oleh moderator dan langsung memasuki acara inti sosialisasi yakni penyampaian materi oleh narasumber dan ditutup oleh sesi tanya jawab dari audiences dan pemberian cindera mata untuk narasumber.


Dalam pelaksanaanya, kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam meliputi pembukaan hingga acara penutup dan selama jalannya kegiatan sosialisasi tersebut terbilang cukup lancar, dibuktikan dengan antusias para tamu undangan dalam menyimak materi hingga memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan dengan pemateri.

Melalui kegiatan sosialisasi yang telah di laksanakan, tentunya menjadi suatu pengalaman baru dan sangat berharga untuk tamu undangan dan juga khususnya kelompok KKN-131 yang bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru akan bentuk parenting secara psikologis yang baik dan benar difase pra-parenting. Harapannya, melalui kegiatan sosialisasi parenting remaja yang telah diadakan di desa Susuhbango dapat memberikan kontribusi yang dapat membantu para orang tua melalui jajaran kader desa untuk memberikan ilmu-ilmu baru kepada orang tua dalam mengasuh anak dengan baik dan benar secara psikologis


Baca atau Download PDF

Dunia Anak dan Parenting Lainnya
5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri
Kamis, 26 Oktober 2023 07:40 WIB
5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri
Orang tua memegang peran penting dalam mendidik anak-anak mereka. Cara orang tua mendidik anak dapat memengaruhi perkembangan karakter mereka dan memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Sayangnya, dalam beberapa situasi, tindakan orang tua mungkin tidak sesuai, dan ini dapat menghambat kemampuan anak untuk menjadi mandiri.
Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting
Senin, 11 September 2023 07:10 WIB
Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting
Hingga kini, stunting masih menjadi topik yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Apa itu stunting? Mengutip dari laman dinkes.baliprov.go.id, stunting adalah kondisi di mana anak memiliki panjang badan (PB/U) dan tinggi badan (TB/U) yang kurang dari batas minimal standar WHO-MGRS tahun 2006.
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Rabu, 23 Agustus 2023 06:57 WIB
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Di tengah tren pola asuh yang terus berkembang dan pengaruh sosial media eksponensial, sebuah buku baru berjudul “Induk Macan” yang ditulis oleh penulis Krista Endinda hadir karena terinspirasi dari pengamatannya terhadap tren yang terjadi pada pola pengasuhan anak di Indonesia dan beri perspektif baru tentang parenting yang sejalan dengan budaya Indonesia.
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Rabu, 02 Agustus 2023 04:09 WIB
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut orang tua balita bisa mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di setiap balai RW mulai Jumat, (4/8/2023).