UIN Jakarta Adakan Sosialisasi UKBI Guna Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia
Oleh Administrator | Selasa, 08 Agustus 2023 06:47 WIB | 138 Views
UIN Jakarta Adakan Sosialisasi UKBI Guna Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia

Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (PPB UIN Jakarta) mengadakan sosialisasi mengenai Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) secara daring, Senin (07/08/2023). Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu implementasi kerja sama yang sudah ditandatangani antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten-Badan Bahasa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti).

 

Dilansir dari laman UIN Jakarta, KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Balai Bahasa Provinsi Banten, Eminah, mengungkapkan sosialasi digelar untuk mengenalkan pelaksanaan UKBI kepada peserta yang akan mengikuti ujian tersebut. Hal ini karena masih ada peserta yang belum familiar mengenai perangkat-perangkat UKBI, sehingga masih banyak peserta melakukan kesalahan yang berdampak pada nilai skor ujian mereka.

 

“Beberapa peserta UKBI meminta ulang pelaksanaan tes bahasa ini karena mereka tidak mengerti seperti apa jalan kerjanya, sehingga sosialisasi ini dapat dijadikan sebagai latihan untuk meminimalkan kesalahan peserta UKBI pada saat ujian sesungguhnya berlangsung,” tutur Ermina.

 

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Asep Juanda S.Ag., M.Hum. menambahkan pentingnya uji kemampuan bahasa Indonesia bagi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kualitas dan kemampuan bangsa Indonesia dalam menggunakan bahasa nasional mereka sendiri.

 

“Perlu adanya instrumen untuk mengetahui tingkat atau sejauh mana bahasa Indonesia yang kita kuasai, karena bahasa Indonesia ini terdiri dari beberapa kemahiran baik itu mendengarkan, menulis, kemudian respons kaidah,” ucapnya.

 

Asep Juanda menambahkan, jika melihat perkembangan Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa  dinamis, dimana banyak mengalami perubahan ejaan dimulai dari Ejaan Van Ophuijsen, Ejaan Soewandi, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan hingga yang saat ini digunakan adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Serta perkembangan kosa kata bahasa Indonesia yang sudah mengalami  banyak perubahan dari adanya serapan dari bahasa asing dan bahasa gaul.  Asep Juanda menilai bahwa  UKBI ini sangat penting untuk dilaksanakan.

 

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Din Wahid, M.A., Ph.D  menyambut hangat  sosialisasi ini,  karena dinilai dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan menulis dalam menyusun karya tulis ilmiah. Menurutnya, pengalamannya sebagian mahasiswa masih belum mengikuti standar kalimat bahasa Indonesia dalam penyusunan tugas akhir mereka.

 

“Sebagaimana pengalaman saya sebagai dosen pembimbing, mahasiswa kita itu masih kurang untuk menuliskan kalimat sesuai dengan standar Bahasa Indonesia, masih belum lengkap subjek dan predikatnya, makanya ketika mahasiswa mengikuti UKBI diharapkan dapat menambah wawasan mereka,” ucapnya.


Baca atau Download PDF

Dunia Bahasa Indonesia Lainnya
Kebhinekaan dan Karakter Bangsa dalam Bahasa Indonesia
Rabu, 27 Desember 2023 07:25 WIB
Kebhinekaan dan Karakter Bangsa dalam Bahasa Indonesia
Sebagai bahasa resmi dan penyatuan di Indonesia, Bahasa Indonesia tidak sekadar berfungsi sebagai alat komunikasi, melainkan juga mencerminkan keanekaragaman dan identitas nasional. Tulisan ini akan mengeksplorasi peran Bahasa Indonesia dalam memperkuat kebhinekaan, membangun identitas nasional, dan menjadi pengikat sosial di tengah masyarakat yang beragam.
Biaya Pendaftaran dan Kuliah Sarjana (S1) Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP Siliwangi Bandung
Selasa, 23 Mei 2023 03:38 WIB
Biaya Pendaftaran dan Kuliah Sarjana (S1) Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP Siliwangi Bandung
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi adalah tempat belajarnya calon guru bahasa Indonesia dan wirausahawan berbasis pendidikan yang inovatif dan kreatif.
Mas Menteri Nadiem Serukan Aksi Bela Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Asean
Jum'at, 15 April 2022 08:33 WIB
Mas Menteri Nadiem Serukan Aksi Bela Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Asean
Bahasa Indonesia berkembang jauh melebihi asal muasalnya (bahasa Melayu) karena bahasa Indonesia setelah penetapan status diangkat menjadi bahasa negara terus dikembangkan korpusnya, kamusnya, ejaan, tata bahasanya hingga seperti sekarang