Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting
Oleh Administrator | Senin, 11 September 2023 07:10 WIB | 87 Views
Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting

Hingga kini, stunting masih menjadi topik yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Apa itu stunting? Mengutip dari laman dinkes.baliprov.go.id, stunting adalah kondisi di mana anak memiliki panjang badan (PB/U) dan tinggi badan (TB/U) yang kurang dari batas minimal standar WHO-MGRS tahun 2006. 

 

Dilansir dari laman Fimela, di Indonesia sendiri, ditemukan bahwa kasus stunting masih cukup tinggi. Berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan menunjukkan prevalensi balita stunting di Indonesia masih mencapai 21,6% pada 2022, dimana angka ini masih berada di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan prevalensi stunting di bawah 20%.

 

Dengan target penurunan prevalensi stunting hingga 14% pada tahun 2024, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berkolaborasi dengan Gabungan Perusahaan (GP) Farmasi Indonesia untuk melakukan intervensi pencegahan stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).Acara edukasi ini digelar di Graha Saba Buana, Kamis (7/9).

 


Mengapa 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Penting?

 

Seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) anak adalah waktu paling kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Masa 1000 HPK terdiri atas 270 hari selama kehamilan ibu dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan anak. 

 

Pola makan gizi seimbang menjadi kunci dan harus diterapkan mulai dari masa kehamilan, dilanjutkan dengan pemberian ASI eksklusif dan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

 

"Momen 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak adalah periode penting dalam pembentukan kesehatan anak-anak kita. Dengan edukasi yang tepat, kita dapat memberikan anak-anak kita masa depan yang lebih baik,”  ungkap Eka Sulistya Ediningsih, SH selaku Kepala BKKBN Jawa Tengah.


 

Nutrisi Penting untuk Mencegah Stunting pada Anak

 

Mengutip dari laman Parents.com, sedikitnya ada 5 nutrisi penting yang wajib diberikan ke anak untuk mencegah stunting. Adapun nutrisi tersebut antara lain protein yang berfungsi membangun otot dan tulang anak, kemudian karbohidrat sebagai sumber energi yang diperlukan anak dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya.

 

Lalu ada lemak sebagai sumber energi yang baik untuk kulit, rambut, menyerap vitamin A, D dan E serta membuat tubuh tetap hangat, serta vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menunjang kecerdasan anak yang lebih baik. 

 

Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia bersama BKKBN-RI dan Pemerintah Kota Solo berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. Melalui edukasi dan kolaborasi yang kuat, maka masa depan anak-anak Indonesia lebih sehat dan cerah.

 

"Pemerintah Kota Solo berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak kita. Acara ini adalah bukti konkret dari upaya kita bersama dalam melindungi generasi masa depan kita dari stunting,” pungkas Teguh Prakosa selaku Wakil Walikota Solo.

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi anak stunting/iStockphoto)


Baca atau Download PDF

Dunia Anak dan Parenting Lainnya
5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri
Kamis, 26 Oktober 2023 07:40 WIB
5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri
Orang tua memegang peran penting dalam mendidik anak-anak mereka. Cara orang tua mendidik anak dapat memengaruhi perkembangan karakter mereka dan memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Sayangnya, dalam beberapa situasi, tindakan orang tua mungkin tidak sesuai, dan ini dapat menghambat kemampuan anak untuk menjadi mandiri.
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Rabu, 23 Agustus 2023 06:57 WIB
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Di tengah tren pola asuh yang terus berkembang dan pengaruh sosial media eksponensial, sebuah buku baru berjudul “Induk Macan” yang ditulis oleh penulis Krista Endinda hadir karena terinspirasi dari pengamatannya terhadap tren yang terjadi pada pola pengasuhan anak di Indonesia dan beri perspektif baru tentang parenting yang sejalan dengan budaya Indonesia.
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting
Sabtu, 19 Agustus 2023 04:40 WIB
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting
Sosialisasi parenting merupakan suatu kegiatan pendukung untuk mengenalkan dan pembelajaran nilai-nilai sosial, norma, dan budaya yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga kepada anak-anak mereka.
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Rabu, 02 Agustus 2023 04:09 WIB
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut orang tua balita bisa mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di setiap balai RW mulai Jumat, (4/8/2023).