Dunia Pendidikan

Teknologi Bukan untuk Menggantikan Guru, Keteladanan Kuncinya
Oleh Iis Siti Salamah Azzahra | Jum'at, 10 Januari 2020 21:49 WIB | 60 Views
Teknologi Bukan untuk Menggantikan Guru, Keteladanan Kuncinya

Teknologi tidak untuk gantikan guru, ilmu bisa dicari di google tapi guru memberi keteladanan. Begitulah setidaknya pernyataan yang diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Menurut Nadiem, teknologi akan menjadi salah satu prioritasnya dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Namun, penggunaan teknologi itu tidak akan menggeser atau mengganti peran guru. Beberapa pihak yang mengkhawatirkan tergantikannya peran guru oleh teknologi merupakan pemikiran yang salah kaprah.

“Teknologi itu untuk memperbaiki atau meng-enhance, meningkatkan kapasitas (guru), bukan untuk replace atau menggantikan,” kata Mendikbud Nadiem di Kemenko PMK, seperti dikutip Laduni.id dari laman infokemdikbud.online, Jumat (10/1).

Mendikbud Nadiem juga menyampaikan akan menerapkan teknologi tepat guna untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Menurutnya, fokus dari teknologi yakni untuk membantu seluruh manusia di dalam sistem dalam melaksanakan tugasnya dengan cara yang lebih baik.

“Mau nggak mau dengan 300.000 sekolah, 50 juta murid, mau nggak mau peran teknologi akan sangat besar di dalam semuanya, kualitas, efisiensi, dan administrasi pendidikan sebesar itu. Peran teknologi sangat penting,” jelas Nadiem.

Nadiem dan diksi ‘teknologi’ memang berkelindan erat. Latar belakang Nadiem sebagai pebisnis berbasis aplikasi digital merupakan alasannya. Diksi ‘teknologi’ pun terlontar dari Presiden Joko Widodo dan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim di hari pelantikannya



Dunia Pendidikan Lainnya
Mas Menteri Nadiem Mengundang Komunitas Guru
Selasa, 05 November 2019 06:25 WIB
Mas Menteri Nadiem Mengundang Komunitas Guru
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 4 November 2019 kemarin mengundang banyak komunitas guru, setiap komunitas diwakili oleh seorang perwakilan. Ikatan Guru Indonesia juga berkesempatan hadir.
Darurat Pendidikan, Kekurangan Guru Masih Menjadi Masalah
Minggu, 28 Juli 2019 10:25 WIB
Darurat Pendidikan, Kekurangan Guru Masih Menjadi Masalah
Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan. Jika guru kurang, lantas kepada siapa para siswa belajar. Sebab, kondisi anak-anak (siswa) sudah sangat rawan dikelilingi musuh-musuh yang siap menghancurkan.






Apa komentar anda tentang Tulisan Teknologi Bukan untuk Menggantikan Guru, Keteladanan Kuncinya?