5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri
Oleh Administrator | Kamis, 26 Oktober 2023 07:40 WIB | 106 Views
5 Kebiasaan Umum Orang Tua yang Menghambat Anak Menjadi Mandiri

Orang tua memegang peran penting dalam mendidik anak-anak mereka. Cara orang tua mendidik anak dapat memengaruhi perkembangan karakter mereka dan memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Sayangnya, dalam beberapa situasi, tindakan orang tua mungkin tidak sesuai, dan ini dapat menghambat kemampuan anak untuk menjadi mandiri.

 

Berikut adalah 5 kesalahan umum yang dilakukan orang tua yang bisa membuat anak sulit untuk menjadi mandiri dilansir dari laman IDN Times:

1. Menahan Anak karena Rasa Tidak Tega

Seringkali, orang tua merasa sulit untuk membiarkan anak melakukan hal-hal secara mandiri karena mereka merasa tidak tega. Meskipun rasa sayang yang tulus terhadap anak adalah hal yang baik, terlalu banyak menahan anak dan melindunginya bisa menghalangi perkembangan kemandirian. Anak perlu diberikan kesempatan untuk eksplorasi dan belajar sendiri.

 

2. Tidak Memberikan Anak Kesempatan untuk Membuat Keputusan

Terkadang, orang tua tidak membiarkan anak mereka membuat keputusan atau terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Ini membuat anak terbiasa dengan orang tua yang selalu memilihkan segala hal untuk mereka. Orang tua seharusnya memberi anak kesempatan untuk berpikir dan membuat keputusan sendiri agar mereka bisa belajar menjadi mandiri.

 

3. Kurang Kesabaran dalam Menghadapi Anak

Menghadapi anak dengan sabar adalah hal yang penting, terutama ketika membiarkan mereka melakukan sesuatu sendiri. Orang tua yang kurang sabar cenderung terburu-buru untuk membantu anak, yang akhirnya dapat menghambat perkembangan kemandirian anak.

 

4. Sulit Memberikan Anak Tanggung Jawab

Mengajarkan tanggung jawab kepada anak sejak dini adalah hal yang penting. Namun, jika orang tua enggan memberikan anak tanggung jawab atau takut membebankan mereka, ini bisa membuat anak terbiasa bergantung pada orang tua. Anak perlu belajar bertanggung jawab melalui tugas-tugas sederhana sejak usia dini.

 

5. Memanjakan Anak Secara Berlebihan

Meskipun cinta orang tua kepada anak sangat besar, memanjakan anak dengan cara yang berlebihan bisa memiliki dampak negatif. Memanjakan anak dengan afeksi berlebihan atau memberikan mereka terlalu banyak barang material bisa menghambat perkembangan kemandirian anak. Anak perlu belajar untuk menghargai usaha dan bekerja keras.

 

Mengajarkan kemandirian kepada anak bukanlah tugas yang mudah. Orang tua perlu berhati-hati dalam pendekatan mereka untuk mendidik anak agar tidak menghambat perkembangan kemandirian. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, orang tua dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi individu yang mandiri dan tangguh.

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi orang tua dan anak/iStockphoto)


Baca atau Download PDF

Dunia Anak dan Parenting Lainnya
Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting
Senin, 11 September 2023 07:10 WIB
Sebanyak 21,5 % Balita di Indonesia Masih Mengalami Stunting
Hingga kini, stunting masih menjadi topik yang sering dibicarakan oleh masyarakat. Apa itu stunting? Mengutip dari laman dinkes.baliprov.go.id, stunting adalah kondisi di mana anak memiliki panjang badan (PB/U) dan tinggi badan (TB/U) yang kurang dari batas minimal standar WHO-MGRS tahun 2006.
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Rabu, 23 Agustus 2023 06:57 WIB
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Krista Endinda Luncurkan Buku ‘Induk Macan’ Rangkul Parenting dengan Kearifan Lokal di Era Medsos
Di tengah tren pola asuh yang terus berkembang dan pengaruh sosial media eksponensial, sebuah buku baru berjudul “Induk Macan” yang ditulis oleh penulis Krista Endinda hadir karena terinspirasi dari pengamatannya terhadap tren yang terjadi pada pola pengasuhan anak di Indonesia dan beri perspektif baru tentang parenting yang sejalan dengan budaya Indonesia.
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting
Sabtu, 19 Agustus 2023 04:40 WIB
Sadar Akan Pentingnya Parenting, Mahasiswa KKN IAIN Kediri Mengadakan Sosialisasi Parenting
Sosialisasi parenting merupakan suatu kegiatan pendukung untuk mengenalkan dan pembelajaran nilai-nilai sosial, norma, dan budaya yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga kepada anak-anak mereka.
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Rabu, 02 Agustus 2023 04:09 WIB
Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH): Sekolah Parenting untuk Cegah Stunting di Surabaya
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut orang tua balita bisa mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di setiap balai RW mulai Jumat, (4/8/2023).