Mas Menteri Nadiem Serukan Aksi Bela Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Asean
Oleh Detik | Jum'at, 15 April 2022 08:33 WIB | 521 Views
Mas Menteri Nadiem Serukan Aksi Bela Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Asean

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyebut bahasa Indonesia merupakan kekuatan bangsa baik di dalam negeri maupun di panggung global. Ia pun menyerukan masyarakat agar melakukan aksi bela bahasa Indonesia.

"Bahasa Indonesia adalah kekuatan kita, baik di dalam negeri maupun di panggung global. Mari kita selalu membela dan mengutamakan bahasa Indonesia, membawanya ke posisi terdepan," tulis Nadiem dalam akun Instagram resminya, beberapa waktu lalu.

Menurut Nadiem, bahasa Indonesia punya keunggulan dari aspek historis, hukum, dan linguistik. Selain itu bahasa Indonesia telah menjadi bahasa yang diakui secara internasional. "Sudah selayaknya bahasa Indonesia duduk di posisi terdepan," tulisnya.

Pernyataan Nadiem tersebut muncul sehubungan dengan usulan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob soal bahasa Melayu jadi bahasa resmi ASEAN pada lawatannya ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Adapun akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menuliskan Nadiem Makarim memberikan imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi bela bahasa Indonesia dan mendukung gerakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua ASEAN.

"Bela bahasa Indonesia?Siapa takut!. Imbauan mas menteri untuk #InsanDikti seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi bela bahasa Indonesia dan mendukung gerakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua ASEAN serta bahasa Indonesia lebih layak untuk dijadikan bahasa resmi ASEAN," tulisnya.

Adapun Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) E. Aminudin Aziz menyatakan perkembangan bahasa Indonesia terus meningkat pesat bahkan melebihi bahasa induknya yakni bahasa Melayu. Bahasa Indonesia pun telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan persebarannya telah mencakup 47 negara di seluruh dunia.

"Pembelajaran bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) juga telah diselenggarakan oleh 428 lembaga, baik yang difasilitasi oleh Badan Bahasa, maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh pegiat BIPA, pemerintah, dan lembaga di seluruh dunia," ujarnya dalam acara Bual Bicara Minda TV bertajuk "Bahasa Melayu-Indonesia sebagai Bahasa Antarbangsa", Kamis (8/4/2022).

Aminuddin memaparkan bahasa Indonesia banyak menyerap istilah kosa kata dari bahasa asing seperti Inggris, Belanda, dan lain-lain. Selain itu, pengayaan kosa kata bahasa Indonesia berasal dari ratusan bahasa daerah yang ada di Indonesia baik Jawa, Sunda, Madura, Banjar, Papua, maupun daerah lainnya.

Menurut catatan riset etnolog yang dilaporkan pada bulan Desember 2021, penutur bahasa Indonesia ada 199 juta. Sementara itu, penutur bahasa Melayu 19 juta. Bahasa Melayu-Indonesia menurutnya, mempunyai bahasa yang serumpun tapi tidak serupa.

Hal ini dapat dilihat dari penggunaan penulisan bahasa Melayu dan bahasa Indonesia yang berbeda. "Perbedaan ini sangat jauh dan situasi (kompleksitas perkembangan bahasa Indonesia) ini yang belum tentu terjadi pada bahasa di negara lain seperti bahasa Malaysia," ungkap Aminudin.

Titik tolak perkembangan bahasa Indonesia kata dia, terjadi pada peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan saat bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dimasukkan ke dalam Undang-undang Dasar (UUD) 1945 pada 18 Agustus 1945. Meski begitu, Aminuddin sepakat atas fakta bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.

Berapa Jumlah Penutur Bahasa Indonesia di Dunia?

"Bahasa Indonesia berkembang jauh melebihi asal muasalnya (bahasa Melayu) karena bahasa Indonesia setelah penetapan status diangkat menjadi bahasa negara terus dikembangkan korpusnya, kamusnya, ejaan, tata bahasanya hingga seperti sekarang," jelasnya.

Sementara itu, bahasa Melayu bagi orang Indonesia adalah salah satu dari 718 bahasa daerah. Menurutnya, ketika di Indonesia ada yang menyebut bahasa Melayu, perspektifnya adalah bahasa daerah. Merujuk data Badan Bahasa, di Indonesia ada 87 dialek bahasa Melayu. "Jika ada pernyataan mari kita perkasakan (jayakan) bahasa Melayu, jelas kami menolak," ujar Aminuddin. (Detik.com)


Baca atau Download PDF

Dunia Bahasa Indonesia Lainnya
Ketua BBI: Kehadiran Guru Bahasa Indonesia Sangat Dibutuhkan di Australia
Rabu, 13 Maret 2024 14:36 WIB
Ketua BBI: Kehadiran Guru Bahasa Indonesia Sangat Dibutuhkan di Australia
Ketua Balai Bahasa Indonesia (BBI) Amrih Widodo menyatakan bahwa keberadaan guru bahasa Indonesia di Australia saat ini sangat penting karena jumlahnya sudah menjadi kekhawatiran. Saat ini, bahasa Indonesia telah menjadi mata pelajaran wajib, terutama di tingkat sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi di Australia.
Kebhinekaan dan Karakter Bangsa dalam Bahasa Indonesia
Rabu, 27 Desember 2023 07:25 WIB
Kebhinekaan dan Karakter Bangsa dalam Bahasa Indonesia
Sebagai bahasa resmi dan penyatuan di Indonesia, Bahasa Indonesia tidak sekadar berfungsi sebagai alat komunikasi, melainkan juga mencerminkan keanekaragaman dan identitas nasional. Tulisan ini akan mengeksplorasi peran Bahasa Indonesia dalam memperkuat kebhinekaan, membangun identitas nasional, dan menjadi pengikat sosial di tengah masyarakat yang beragam.
UIN Jakarta Adakan Sosialisasi UKBI Guna Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia
Selasa, 08 Agustus 2023 06:47 WIB
UIN Jakarta Adakan Sosialisasi UKBI Guna Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia
Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (PPB UIN Jakarta) mengadakan sosialisasi mengenai Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) secara daring, Senin (07/08/2023). Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu implementasi kerja sama yang sudah ditandatangani antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten-Badan Bahasa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti).
Biaya Pendaftaran dan Kuliah Sarjana (S1) Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP Siliwangi Bandung
Selasa, 23 Mei 2023 03:38 WIB
Biaya Pendaftaran dan Kuliah Sarjana (S1) Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP Siliwangi Bandung
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi adalah tempat belajarnya calon guru bahasa Indonesia dan wirausahawan berbasis pendidikan yang inovatif dan kreatif.