Pemanfaatan Landingpage Creator S.ID untuk Pembelajaran di Sekolah

Pemanfaatan Landingpage Creator S.ID untuk Pembelajaran di Sekolah

Oleh | Minggu, 21 Januari 2024 23:58 WIB | 73 Views 2024-01-21 23:58:11

Apa itu Microsite

Microsite adalah website kecil. Website atau home page memberikan informasi selengkap-lengkapnya untuk mewakili seluruh kegiatan bisnis perusahaan, sedangkan microsite atau landing page hanya fokus untuk suatu kegiatan. Dalam beberapa definisi lain Microsites - microsite adalah area terbatas di web yang dikelola dan dibayar oleh pengiklan/perusahaan eksternal. Microsite adalah halaman web individual atau kumpulan halaman yang berfungsi sebagai suplemen untuk situs utama (Hidayanto, 2020). 

Jenis-Jenis Microsite

Microsite adalah situs web kecil yang dirancang untuk menyampaikan informasi atau mempromosikan suatu produk, acara, kampanye, atau topik tertentu. Jenis-jenis microsite dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan kontennya. Beberapa jenis microsite yang umum mencakup:

  1. Promosi Produk atau Layanan
    Microsite dapat diciptakan khusus untuk mempromosikan suatu produk atau layanan tertentu. Misalnya, peluncuran produk baru atau kampanye penjualan.

  2. Acara atau Festival
    Microsite dapat dibuat untuk menginformasikan dan mempromosikan acara khusus, seperti festival musik, konferensi, atau pameran.

  3. Kampanye Pemasaran
    Microsite sering digunakan dalam kampanye pemasaran khusus, terutama yang melibatkan penggunaan media sosial atau kampanye iklan digital.

  4. Landing Page
    Microsite dapat berfungsi sebagai landing page yang dioptimalkan untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, mendaftar, atau membeli produk.

  5. Edukasi atau Informasi
    Microsite dapat dibuat untuk menyajikan informasi tertentu atau menyediakan sumber daya pendidikan tentang suatu topik.

  6. Kompetisi atau Kontes
    Microsite dapat dirancang sebagai platform untuk mengadakan kontes atau kompetisi dengan melibatkan pengguna.

  7. Kampanye Amal
    Organisasi nirlaba seringkali menggunakan microsite untuk kampanye amal atau penggalangan dana tertentu.

  8. Peluncuran Produk
    Perusahaan dapat membuat microsite khusus untuk merilis produk baru, memberikan informasi rinci, dan mendorong keterlibatan pengguna.

  9. Kejadian Tertentu
    Microsite dapat dibuat untuk menyambut atau memberikan informasi seputar kejadian atau peristiwa tertentu, seperti perayaan hari jadi perusahaan atau peringatan hari khusus.

  10. Kampanye Sosial atau Kesejahteraan
    Microsite dapat digunakan untuk mendukung kampanye sosial atau menyuarakan isu-isu kesejahteraan sosial.

Jenis microsite ini dapat bervariasi dan tergantung pada kebutuhan spesifik pihak yang membuatnya. Dalam banyak kasus, tujuan utamanya adalah memberikan pengalaman fokus dan terarah kepada pengunjung terkait topik atau kegiatan tertentu.

Layanan Pembuata Microsite S.ID

S.id adalah layanan pemendek tautan dan platform microsite terpendek di Indonesia. Layanan ini didirikan pada tahun 2022 oleh PT. S.id Teknologi Indonesia. Layanan s.id memiliki dua fitur utama, yaitu:

  • Penyingkat tautan: Dengan s.id, Anda dapat mempersingkat tautan panjang menjadi tautan pendek dengan kode s.id/. Tautan pendek ini lebih mudah untuk diingat dan dibagikan.
  • Platform microsite: Dengan s.id, Anda dapat membuat microsite sendiri dengan mudah. Microsite adalah situs web kecil yang berisi informasi atau promosi singkat.

Layanan s.id tersedia secara gratis dan berbayar. Akun gratis memiliki keterbatasan, seperti jumlah tautan yang dapat disingkat, jumlah microsite yang dapat dibuat, dan jumlah tampilan microsite. Akun berbayar tidak memiliki keterbatasan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan layanan s.id:

  • Mempermudah berbagi tautan: Tautan pendek s.id lebih mudah untuk diingat dan dibagikan, sehingga Anda dapat membagikan informasi atau promosi Anda dengan lebih efektif.
  • Meningkatkan visibilitas online: Microsite s.id dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas online Anda. Microsite dapat digunakan untuk menampilkan informasi atau promosi Anda secara menarik dan profesional.
  • Meningkatkan konversi: Microsite s.id dapat membantu Anda meningkatkan konversi. Microsite dapat digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman web Anda atau untuk mengumpulkan informasi dari pengunjung.

Secara keseluruhan, layanan s.id adalah layanan yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mempersingkat tautan atau membuat microsite. Layanan ini mudah digunakan dan memiliki berbagai manfaat.

Manfaat Landingpage untuk Pembelajaran

Landing page memiliki peran yang krusial dalam mendukung pengalaman pembelajaran secara online. Pertama, landing page dapat dirancang untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kursus atau program pembelajaran yang ditawarkan. Informasi seperti tujuan pembelajaran, konten kurikulum, dan manfaat yang diperoleh dapat disajikan dengan jelas, membantu calon peserta memahami apa yang dapat mereka harapkan dari pengalaman pembelajaran tersebut.

Kedua, landing page memungkinkan penyelenggara pembelajaran untuk menonjolkan fitur-fitur unik atau keunggulan dari kursus tersebut. Dengan menyajikan testimoni dari peserta sebelumnya, sertifikasi yang diberikan, atau pengakuan industri, landing page dapat memberikan bukti konkret tentang kualitas pembelajaran yang ditawarkan. Hal ini dapat membangun kepercayaan dan keyakinan calon peserta untuk bergabung dengan program tersebut.

Selain itu, landing page juga dapat berfungsi sebagai pintu gerbang untuk mengumpulkan informasi kontak dari calon peserta. Melalui formulir pendaftaran atau langganan berita, penyelenggara pembelajaran dapat membangun database yang berharga untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan calon peserta, memberikan pembaruan terkini, atau mengirimkan informasi tambahan yang relevan. Dengan demikian, landing page tidak hanya menjadi alat presentasi efektif tetapi juga sarana untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens, meningkatkan peluang konversi, dan membangun komunitas pembelajaran yang berkelanjutan.



Referensi / Daftar Pustaka


Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi Digital Branding pada Startup Social Crowdfunding (Studi Kasus pada Kitabisa. com). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi9(1), 19-33.

 

Sitasi/Citation/Jadikan Daftar Pustaka Artikel Ini:
Azzahra, I.S.S. (2024).Pemanfaatan Landingpage Creator S.ID untuk Pembelajaran di Sekolah. Pustaka, pp.35. Retrieved from https://www.salamahazzahra.com/pustaka/makalah-bahasa-indonesia/35/pemanfaatan-landingpage-creator-s-id-untuk-pembelajaran-di-sekolah/

Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Makalah Bahasa Indonesia Lainnya
Penilaian dalam Pengajaran Kesastraan Bahasa Indonesia
Minggu, 03 September 2023 02:30 WIB
Penilaian dalam Pengajaran Kesastraan Bahasa Indonesia
Evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan memainkan peranan yang besar dalam mengidentifikasi keberhasilan suatu program pendidikan.
Aspek Pengajaran Bahasa Indonesia dalam Kaitannya dengan Keterampilan Berbahasa
Sabtu, 19 Agustus 2023 10:32 WIB
Aspek Pengajaran Bahasa Indonesia dalam Kaitannya dengan Keterampilan Berbahasa
Pengajaran adalah suatu cara bagaimana mempersiapkan pengalaman belajar bagi peserta didik. Dengan kata lain pengajaran adalah suatu proses yan dilakukan oleh para guru dalam membimbing, membantu, dan mengarahkan peserta didik untuk memiliki pengalaman belajar
Sumber dan Penyebab Kesalahan Berbahasa dalam  Bahasa Ibu, Lingkungan, dan Kebiasaan
Minggu, 02 Juli 2023 07:06 WIB
Sumber dan Penyebab Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Ibu, Lingkungan, dan Kebiasaan
Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan interaksi dan komunikasi dengan individu lain untuk menjalani sebuah kehidupan, alat untuk melakukan komunikasi dan interaksi itu adalah bahasa
Hubungan Kemampuan Efektif Membaca dengan Strategi Membaca
Rabu, 21 Juni 2023 23:35 WIB
Hubungan Kemampuan Efektif Membaca dengan Strategi Membaca
Beberapa pakar pendidikan dan pengajaran membaca menyamakan istilah KEM dengan speed reading (membaca cepat). Kemampuan membaca cepat atau kecepatan membaca itu ditunjukkan oleh kemampuan membaca sejumlah kata yang dibaca dalam satuan menit (kata per menit)
Kaitan Linguistik Struktural dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kamis, 15 Juni 2023 22:41 WIB
Kaitan Linguistik Struktural dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Linguistik struktural merupakan kajian linguistik yang membahas bahasa menggunakan pendekatan pada bahasa itu sendiri. Linguistik struktural sering dipertentangkan dengan linguistik tradisional. Linguistik struktural mengkaji bahasa dari ciri formal yang ada di dalam bahasa, sedangkan linguistik tradisional mengkaji tataran filsafat dan semantik.
Apresiasi Puisi Diksi dengan Gaya Bahasa
Selasa, 13 Juni 2023 22:53 WIB
Apresiasi Puisi Diksi dengan Gaya Bahasa
Diksi atau pilihan kata dalam praktik berbahasa sesungguhnya mempersoalkan kesanggupan sebuah kata dapat juga frasa atau kelompok kata untuk menimbulkan gagasan yang tepat pada imajinasi pembaca atau pendengarnya. Indonesia memiliki bermacam-macam suku bangsa dan bahas