Manakah yang Benar? Babi Mati Tertusuk atau Ditusuk Giginya Sendiri?

Manakah yang Benar? Babi Mati Tertusuk atau Ditusuk Giginya Sendiri?

Oleh | Jum'at, 31 Januari 2020 14:28 WIB | 2.467 Views

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah unggahan di Instagram milik cleverinf.id yang menginformasikan  tentang penemuan kerangka babi rusa yang mati ditusuk oleh giginya sendiri. Yang menjadi pertanyaan, mati ditusuk atau mati tertusuk?

Pada artikel analisis bahasa, atau lebih tepatnya analisis kesalahan berbahasa kita akan membahas tentang ditusuk dan tertusuk. Pada caption yang tertulis di Instagram cleverinf.id penggunaan kata "ditusuk" adalah tidak benar. Seharusnya memakai imbuhan "ter" atau tertusuk yang menyatakan ketidaksengajaan.

Lebih jauh, bila dilihat dari bab fonem, penggunaan kata seperti ini termasuk di ranah gramatikal atau ilmu yg mempelajari proses pembentukan bahasa dan di kaitkan langsung dengan ilmu di atasnya yaitu kelogisan kalimat.

Penggunaan kata tertusuk lebih tepat karena ada faktor ketidaksengajaan karena gigi itu masih bagian dari tubuhnya sendiri kecuali giginya copot kemudian ada orang yang menggunakan gigi itu untuk membunuh rusa secara sengaja, maka kata yang sangat tepat adalah ditusuk.

Semoga bermanfaat


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Analisis Bahasa Lainnya
Lirik Lagu Aisyah Istri Rosulullah, Sepenggal Koreksi
Selasa, 07 April 2020 16:02 WIB
Lirik Lagu Aisyah Istri Rosulullah, Sepenggal Koreksi
Seminggu terakhir, layanan berbagi video online Youtube dipenuhi oleh lagu yang berjudul Aisyah Istri Rosulullah, bahkan jadi trending dalam waktu yang cukup lama. Seperti kategori tulisan ini yaitu analisis bahasa, saya akan coba akan mengupas lirik lagu yang satu ini.