Analisis Bahasa
Manakah yang Benar? Babi Mati Tertusuk atau Ditusuk Giginya Sendiri?

Manakah yang Benar? Babi Mati Tertusuk atau Ditusuk Giginya Sendiri?

Oleh | Jum'at, 31 Januari 2020 14:28 WIB | 289 Views

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah unggahan di Instagram milik cleverinf.id yang menginformasikan  tentang penemuan kerangka babi rusa yang mati ditusuk oleh giginya sendiri. Yang menjadi pertanyaan, mati ditusuk atau mati tertusuk?

Pada artikel analisis bahasa, atau lebih tepatnya analisis kesalahan berbahasa kita akan membahas tentang ditusuk dan tertusuk. Pada caption yang tertulis di Instagram cleverinf.id penggunaan kata "ditusuk" adalah tidak benar. Seharusnya memakai imbuhan "ter" atau tertusuk yang menyatakan ketidaksengajaan.

Lebih jauh, bila dilihat dari bab fonem, penggunaan kata seperti ini termasuk di ranah gramatikal atau ilmu yg mempelajari proses pembentukan bahasa dan di kaitkan langsung dengan ilmu di atasnya yaitu kelogisan kalimat.

Penggunaan kata tertusuk lebih tepat karena ada faktor ketidaksengajaan karena gigi itu masih bagian dari tubuhnya sendiri kecuali giginya copot kemudian ada orang yang menggunakan gigi itu untuk membunuh rusa secara sengaja, maka kata yang sangat tepat adalah ditusuk.

Semoga bermanfaat

Diary Siti Salamah Azzahra






Apa komentar anda tentang Tulisan Manakah yang Benar? Babi Mati Tertusuk atau Ditusuk Giginya Sendiri??

Analisis Bahasa Lainnya