Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli

Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli

Oleh | Senin, 29 Agustus 2022 16:29 WIB | 583 Views

​Banyak cara mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing, ada dengan metode obrolan santai dalam ruang online chat, ada juga disampaikan melalui kegiatan-kegiatan dasar yang dilakukan oleh manusia, salah satunya adalah transaksi jual beli.

Kenapa Harus Transaksi Jual Beli

Sebuah kegiatan transaksi jual beli adalah sebuah kegiatan yang cukup kompleks dari sebuah kegiatan manusia, oleh karena itu salah satu syarat transaksi menjadi sah adalah adanya kesadaran dan pelaku jual beli sudah cukup umur, apalagi barang yang dijual belikan adalah barang yang sangat mahal.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang yang melakukan transaksi jual beli setidaknya ada 3 yaitu kemampuan berbicara dan berkomunikasi, kemampuan melakukan tawar menawar atau juga negosiasi dan juga kemampuan berhitung, dengan begitu kegiatan transaksi akan mengeksplore kemampuan berbahasa seseorang, khususnya dalam kemampuan berbahasa Indonesia.

Diterapkan di Negara Australia

Kompas Online beberapa waktu yang lalu memberitakan bahwa siswa kelas 8 di Macarthur Anglican School di Australia diajak untuk belajar Bahasa Indonesia melalui simulasi jual beli pada Rabu (24/8/2022). Kegitan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program Indonesia Goes to School. Program tersebut diselenggarakan atas kerja sama KJRI Sydney, Macarthur Anglican School, Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Sydney, dan PPIA University of New South Wales (UNSW).

Ketika memberikan sambutan dalam acara, Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Sydney, Abdul Nazar, menjelaskan pentingnya kemampuan berbahasa Indonesia bagi murid-murid Australia seiring dengan semakin menguatnya hubungan Indonesia dan Australia.

“Hubungan yang semakin kuat antara Indonesia dan Australia membuka berbagai peluang dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pertukaran budaya, dan lain sebagainya, serta membuka banyak lapangan pekerjaan,” ujar Konsul Nazar.

Dia juga menekankan bahwa mempelajari bahasa dan budaya Indonesia dapat membuat people-to-people connections kedua negara semakin kuat. Kepala Sekolah Macarthur Anglican School, Dr David Nockles, menyambut baik pelaksanaan program Indonesia Goes to School. Dia mengutip pernyataan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, yang menekankan pentingnya mempelajari Bahasa Indonesia bagi masyarakat Australia dalam memperkuat hubungan dengan Indonesia.

“Macarthur Anglican School merupakan sekolah yang telah lama membuka program Bahasa Indonesia, serta menghasilkan para alumni yang mahir berbahasa Indonesia,” ungkap Dr Nockles sebagaimana tertuang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari KJRI Sydney, Jumat (26/8/2022). Dia berharap agar Bahasa Indonesia dapat terus berkembang di sekolah-sekolah di Australia.

Harus Sering Dilatih

Kemampuan transaksi dalam bahasa Indonesia khususnya bagi orang asing harus terus dilatih dan dipraktikan, apalagi untuk mereka yang akan berkunjung untuk berlibur ke Bali atau destinasi wisata lainnya di Indonesia. Kemampuan transaksi dalam bahasa Indonesia akan mempermudah seorang turis asing untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan, walaupun sudah banyak masyarakat yang berada di daerah wisata besar dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, tetapi berkomunikasi dengan bahasa Indonesia merupakan apresiasi terhadap budaya tempat yang dikunjunginya, dan bisa jadi bisa memberikan diskon atau harga lebih murah.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Bahasa Indonesia Lainnya
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Sabtu, 06 Januari 2024 11:00 WIB
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Jika generasi dulu berkecenderungan campur bahasa dengan bahasa daerah, lain halnya dengan generasi Z yang campur bahasa dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, hal ini terjadi karena masifnya penggunaan sosial media.
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Jum'at, 14 Juli 2023 23:58 WIB
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Menulis jurnal atau mencari jurnal secara online memang gampang-gampang susah, apalagi yang berhubungan dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ada yang menyediakan submision secara online
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Selasa, 06 Juni 2023 04:48 WIB
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Sebulan terakhir, kata cawe-cawe sering sekali terberitakan, hal ini tidak dapat dipisahkan dari pemberitaan tentang presiden Jokowi yang katanya akan cawe-cawe. Lalu apa sebenarnya cawe-cawe itu?
Daftar Jurnal Ilmiah Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Senin, 29 Agustus 2022 07:08 WIB
Daftar Jurnal Ilmiah Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Menulis jurnal atau mencari jurnal secara online memang gampang-gampang susah, apalagi yang berhubungan dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ada yang menyediakan submision secara online, ada juga yang tidak.