Perbedaan Bahan Ajar, Materi Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Lembar Kerja Mahasiswa

Perbedaan Bahan Ajar, Materi Ajar, Buku Ajar, Modul, dan Lembar Kerja Mahasiswa

Oleh | Rabu, 16 Maret 2022 11:24 WIB | 25.673 Views

Apa perbedaan antara bahan ajar, materi ajar, buku ajar, modul, dan lembar kerja mahasiswa? Sebelum melihat perbedaan dari kesemuanya, kita perhatikan dulu definisi dari tiap-tiap item yang ada.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang disusun secara sistematis untuk membantu guru/instruktur/pengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan mahasiswa untuk belajar.

Materi ajar adalah suatu bahan kajian yang dapat berupa bidang ajar, gugus isi, proses, ketrampilan, konteks keilmuan suatu mata pelajaran.
Buku ajar adalah buku acuan yang berisi kumpulan materi dalam cabang ilmu tertentu yang disajikan secara komprehensif.

Modul pembelajaran diartikan sebagai satuan program terkecil yang dapat dipelajari secara mandiri, perseorangan ataupun dipelajari langsung oleh siswa sendiri.

Sedangkan lembar kerja merupakan lembaran-lembaran yang berisi tugas yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa. LKM pada umumnya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas.

Perbedaan dari adalah ruang lingkup, sifatnya, kemudian penggunaan dari setiap bagian itu sendiri dalam sebuah proses pembelajaran dan prosedur penggunaan dari setiap item yang ada.

Lalu apa saja prinsip-prinsip dalam penyusunan bahan ajar?
1) Prinsip relevansi atau keterkaitan atau berhubungan erat materi pembelajaran hendaknya relevan dengan CPMK
2) Prinsip konsistensi adalah ketaat-azasan dalam penyusunan bahan ajar. Contohnya CPL meminta kemampuan mahasiswa untuk menguasai tiga macam konsep, materi yang disajikan juga tiga macam.
3) Prinsip kecukupan, artinya materi yang disajikan hendaknya cukup memadai untuk mencapai kompetensi dasar.

Semoga Bermanfaat


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Kampus dan Dosen Lainnya
100 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui di Kampus atau Universitas
Rabu, 17 Januari 2024 10:00 WIB
100 Istilah yang Wajib Kamu Ketahui di Kampus atau Universitas
Saat akan memasuki dunia perguruan tinggi atau kampus, tentu kita dihadapkan khususnya mahasiswa baru untuk mengenal banyak istilah di kampus selama proses masuk, perkuliahan hingga lulus. Inilah 100 istilah yang ada di perguruan tinggi.
Contoh Daftar Pertanyaan Ketika Melakukan Kunjungan Kewirausahaan ke UMKM
Kamis, 08 Juni 2023 14:23 WIB
Contoh Daftar Pertanyaan Ketika Melakukan Kunjungan Kewirausahaan ke UMKM
Kunjungan kewirausahaan ke Usaha Kecil Mikro Menengah terkadang membingungkan mau bertanya apa saja, alhasil banyak poin penting yang harusnya ditanyakan malah terlewat, termasuk di Matakuliah Kewirausahaan. Lalu apa saja contoh pertanyaannya?
Mungkinkah Sebuah Perguruan Tinggi Menjadi Media Darling?
Rabu, 27 Juli 2022 05:56 WIB
Mungkinkah Sebuah Perguruan Tinggi Menjadi Media Darling?
Media darling memang sangat identik dengan selebriti, tokoh politik, pejabat pemerintah. Lalu pertanyaannya apakah sebuah Universitas atau Perguruan Tinggi bisa menjadi media Darling?