Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh

Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh

Oleh | Rabu, 09 Januari 2019 06:33 WIB | 1.443 Views

Percaya atau tidak, suatu saat akan datang dimana orang Indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat aneh oleh lingkungannya, mungkin saja bisa dianggap sebagai "Alien" yang baru turun ke bumi. Tanda-tandanya pun sudah sering terlihat.

Bila anda sejenak melihat perjalanan komika Dodit Mulyanto yang menyebutkan kalimat "Saya gusar" pada audisi Standup Komedi dan kemudian para juri tertawa seolah kata gusar adalah kata yang begitu "buhun" (kata orang sunda untuk menandakan bahwa sesuatu begitu sangat sudah lama).

Akulturasi budaya, pengaruh teknologi dan gaya hidup generasi saat ini yang menjadikan ini semua tentunya, generasi yang diberi kemudahan oleh begitu banyak teknologi sehingga akan menganggap asing orang-orang yang berbahasa baik dan benar, karena secara prinsip, ini seperti beda dengan yang mereka gunakan sehari hari. Mereka lebih sering menonton sinetron yang secara bahasa lebih menggunakan bahasa campuran, tercampur bahasa asing dan juga bahasa "gaul". Tidak banyak dari generasi ini yang membaca berita koran arus utama yang bahasanya lebih terstruktur dan baik, mereka lebih suka melihat berita dari sosial media.

Sampai dipasang di Instagram Story
Suatu hari saya melihat salah satu Instagram Story, sebuah fitur Instagram yang menampilkan update penggunanya secara instan namun tidak memiliki lifetime yang lama dibandingkan dengan update regular. Dengan jelas ada yang mem-posting bahwa, kok masih ada yah jaman sekarang orang yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar seperti ini. Saking anehnya buat generasi ini, sampai-sampai hal demikian diposting di Social Media.

Masa itu akan datang
Mau tidak mau, suka atau tidak suka, masa itu akan datang. Bahasa Indonesia baku dan benar hanya akan digunakan pada forum-forum resmi saya, forum akademis saja dan digunakan oleh media-media yang konsisten untuk menggunakan bahasa dengan baik. Orang-orang dalam pergaulan tidak resmi akan sangat jarang yang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, bahkan saat berbicara dengan orang yang lebih tua. Mereka akan lebih nyaman menggunakan bahasa campuran, bahasa indonesia diaduk dengan bahasa inggris dan juga bahasa lainnya.

Secara etika, penggunaan bahasa dalam pergaulan memang diperbolehkan tidak menggunakan bahasa yang baku. Namun sejujurnya saya khawatir generasi mendatang tidak memahami dengan sebenar-benarnya bahasa nasional mereka, bahasa Indonesia.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Bahasa Indonesia Lainnya
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Sabtu, 06 Januari 2024 11:00 WIB
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Jika generasi dulu berkecenderungan campur bahasa dengan bahasa daerah, lain halnya dengan generasi Z yang campur bahasa dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, hal ini terjadi karena masifnya penggunaan sosial media.
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Jum'at, 14 Juli 2023 23:58 WIB
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Menulis jurnal atau mencari jurnal secara online memang gampang-gampang susah, apalagi yang berhubungan dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ada yang menyediakan submision secara online
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Selasa, 06 Juni 2023 04:48 WIB
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Sebulan terakhir, kata cawe-cawe sering sekali terberitakan, hal ini tidak dapat dipisahkan dari pemberitaan tentang presiden Jokowi yang katanya akan cawe-cawe. Lalu apa sebenarnya cawe-cawe itu?
Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli
Senin, 29 Agustus 2022 16:29 WIB
Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli
Banyak cara mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing, ada dengan metode obrolan santai dalam ruang online chat, ada juga disampaikan melalui kegiatan-kegiatan dasar yang dilakukan oleh manusia, salah satunya adalah transaksi jual beli.