Bahasa Indonesia
Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona

Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona

Oleh | Sabtu, 28 Maret 2020 06:50 WIB | 445 Views

Memang tidak mudah mencari padanan kata dalam Bahasa Indonesia untuk istilah-istilah tertentu, salah satunya yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat yaitu kata Lockdown. Apa yang kata yang paling tepat?

Jika menggunakan kamus bahasa inggris seperti Google Translate, kata Lockdown diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi "mengunci", memang benar dan tepat jika diartikan secara langsung, kata lockdown memang kata kerja yang artinya mengunci, tetapi dalam kasus lockdown sekarang ini jika terjemahannya langsung dipasang didalam sebuah kalimat sangat terasa rancu.

Coba perhatikan kalimat berikut ini, "Walikota Tegal Memutuskan melakukan lockdown" dan jika diterjemahkan secara langsung maka akan terbentuk kalimat "Walikota Tegal Memutuskan Melakukan Mengunci" atau "Pemda Tegal Memutuskan Melakukan Penguncian", atau ada alternatif lain seperti "Pemda Tegal Memutuskan Mengunci Kota", memang jadi agak kurang enak di telinga.

Penggunaan kata "Kerja dari Rumah Saja" untuk menggantikan kata "Work from Home" memang lebih nyaman terdengar, atau kata "Jaga Jarak" untuk menggantikan "Distancing". Namun ternyata tidak untuk Lockdown.

Secara lebih mendalam, Lockdown adalah sebuah kegiatan untuk membatasi semua aktifitas diluar rumah, kecuali kegiatan-kegiatan yang sangat penting seperti distribusi logistik, kegiatan pengamanan dan kegiatan medis. Lockdown memaksa setiap orang dalam satu wilayah untuk ditinggal didalam rumah, salah satunya sebagai upaya menekan laju penularan wabah virus corona atau covid-19.

Sejauh yang saya baca, media-media arus utama saat ini memang menggunakan kata lockdown dan saya sangat memahaminya, karena cukup sulit untuk mencari padanan kata yang pas dan enak ditelinga. Dan, hal ini tidak disalahkan dalam bahasa indonesia, asalkan aturan-aturan yang ada dipatuhi seperti ditulis miring karena lockdown merupakan bahasa asing.

Adakah yang memiliki pandangan berbeda?

Diary Siti Salamah Azzahra






Apa komentar anda tentang Tulisan Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona?

Bahasa Indonesia Lainnya
Karantina, Istilah Kesehatan yang Sering dipakai Ajang Pencarian Bakat
Senin, 30 Maret 2020 22:09 WIB
Karantina, Istilah Kesehatan yang Sering dipakai Ajang Pencarian Bakat
Masih seputaran istilah-istilah yang sering disebut dalam musibah wabah Corona sekarang ini, salah satunya adalah istilah karantina. Karantina, jika menilik pada arti yang diberikan oleh kamus, sangat kental dengan dunia kesehatan. Walaupun, tidak jarang dipakai dalam ajang pencarian bakat.
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Rabu, 09 Januari 2019 06:33 WIB
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Percaya atau tidak, suatu saat akan datang dimana orang indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat aneh oleh lingkungannya, mungkin saja bisa dianggap sebagai "Alien" yang baru turun ke bumi. Tanda-tandanyapun sudah sering terlihat.
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Sabtu, 05 Januari 2019 12:49 WIB
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saat ini begitu sangat tebal bila dalam versi cetaknya, hal ini menyebabkan banyak diantara kita yang menjadikan KBBI daring sebagai rujukan. Lalu situs yang mana yang sebaiknya kita gunakan sebagai rujukan?
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Selasa, 25 Desember 2018 10:20 WIB
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Pacul itu alat untuk mencangkul, tapi tidak sedikit kasus pembunuhan yang menggunakan cangkul, kaca begitu indah untuk bercermin, namun tak sedikit yang terluka menggunakan kaca, begitu pula dengan bahasa, bahasa adalah pemersatu, namun tidak sedikit perpecahan juga disebabkan karena bahasa.