Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona

Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona

Oleh | Sabtu, 28 Maret 2020 06:50 WIB | 1.518 Views

Memang tidak mudah mencari padanan kata dalam Bahasa Indonesia untuk istilah-istilah tertentu, salah satunya yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat yaitu kata Lockdown. Apa yang kata yang paling tepat?

Jika menggunakan kamus bahasa inggris seperti Google Translate, kata Lockdown diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi "mengunci", memang benar dan tepat jika diartikan secara langsung, kata lockdown memang kata kerja yang artinya mengunci, tetapi dalam kasus lockdown sekarang ini jika terjemahannya langsung dipasang didalam sebuah kalimat sangat terasa rancu.

Coba perhatikan kalimat berikut ini, "Walikota Tegal Memutuskan melakukan lockdown" dan jika diterjemahkan secara langsung maka akan terbentuk kalimat "Walikota Tegal Memutuskan Melakukan Mengunci" atau "Pemda Tegal Memutuskan Melakukan Penguncian", atau ada alternatif lain seperti "Pemda Tegal Memutuskan Mengunci Kota", memang jadi agak kurang enak di telinga.

Penggunaan kata "Kerja dari Rumah Saja" untuk menggantikan kata "Work from Home" memang lebih nyaman terdengar, atau kata "Jaga Jarak" untuk menggantikan "Distancing". Namun ternyata tidak untuk Lockdown.

Secara lebih mendalam, Lockdown adalah sebuah kegiatan untuk membatasi semua aktifitas diluar rumah, kecuali kegiatan-kegiatan yang sangat penting seperti distribusi logistik, kegiatan pengamanan dan kegiatan medis. Lockdown memaksa setiap orang dalam satu wilayah untuk ditinggal didalam rumah, salah satunya sebagai upaya menekan laju penularan wabah virus corona atau covid-19.

Sejauh yang saya baca, media-media arus utama saat ini memang menggunakan kata lockdown dan saya sangat memahaminya, karena cukup sulit untuk mencari padanan kata yang pas dan enak ditelinga. Dan, hal ini tidak disalahkan dalam bahasa indonesia, asalkan aturan-aturan yang ada dipatuhi seperti ditulis miring karena lockdown merupakan bahasa asing.

Adakah yang memiliki pandangan berbeda?


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Bahasa Indonesia Lainnya
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Sabtu, 06 Januari 2024 11:00 WIB
Penggunaan Bahasa Indonesia Menurun Dalam Obrolan Bebas di Generasi Z
Jika generasi dulu berkecenderungan campur bahasa dengan bahasa daerah, lain halnya dengan generasi Z yang campur bahasa dengan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, hal ini terjadi karena masifnya penggunaan sosial media.
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Jum'at, 14 Juli 2023 23:58 WIB
Daftar Jurnal Online Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023
Menulis jurnal atau mencari jurnal secara online memang gampang-gampang susah, apalagi yang berhubungan dengan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, ada yang menyediakan submision secara online
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Selasa, 06 Juni 2023 04:48 WIB
Menelisik Istilah Cawe-Cawe yang Sedang Ramai Diperbicangkan di Politik
Sebulan terakhir, kata cawe-cawe sering sekali terberitakan, hal ini tidak dapat dipisahkan dari pemberitaan tentang presiden Jokowi yang katanya akan cawe-cawe. Lalu apa sebenarnya cawe-cawe itu?
Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli
Senin, 29 Agustus 2022 16:29 WIB
Mengenalkan Bahasa Indonesia pada Orang Asing Melalui Simulasi Jual Beli
Banyak cara mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing, ada dengan metode obrolan santai dalam ruang online chat, ada juga disampaikan melalui kegiatan-kegiatan dasar yang dilakukan oleh manusia, salah satunya adalah transaksi jual beli.