Bahasa Indonesia
Karantina, Istilah Kesehatan yang Sering dipakai Ajang Pencarian Bakat

Karantina, Istilah Kesehatan yang Sering dipakai Ajang Pencarian Bakat

Oleh | Senin, 30 Maret 2020 22:09 WIB | 149 Views

Masih seputaran istilah-istilah yang sering disebut dalam musibah wabah Corona sekarang ini, salah satunya adalah istilah karantina. Karantina, jika menilik pada arti yang diberikan oleh kamus, sangat kental dengan dunia kesehatan. Walaupun, tidak jarang dipakai dalam ajang pencarian bakat.

Menurut saya, istilah karantina memiliki makna dasar mengurung sesuatu, dalam KBBI, karantina diartikan sebagai tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dan sebagainya) penyakit dan sebagainya. Sangat jelas begitu kental dengan istilah kesehatan.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juga menggunakan kata karantina dalam kaitannya dengan wabah atau kejadian luarbiasa yang berhubungan dengan kesehatan. Dalam undang-undang ini  Karantina adalah pembatasan kegiatan dan/atau pemisahan seseorang yang terpapar penyakit menular sebagaimana ditetapkan dalam peraturan  perundang-undangan meskipun belum menunjukkan gejala apapun atau sedang berada dalam masa inkubasi, dan/atau pemisahan peti kemas, Alat Angkut, atau Barang apapun yang diduga terkontaminasi dari orang dan/atau Barang yang mengandung penyebab penyakit atau sumber bahan kontaminasi lain untuk mencegah kemungkinan penyebaran ke orang dan/atau Barang di sekitarnya.

Masih dalam undang-undang yang sama, ada beberapa istilah karantina yaitu seperti karantina wilayah, karantina rumah dan yang lainnya.  Karantina Rumah adalah pembatasan penghuni dalam suatu rumah beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Karantina Rumah Sakit adalah pembatasan seseorang dalam rumah sakit yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Karantina Wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Jadi, penggunaan kata karantina dalam akhir-akhir ini sangatlah tepat dan relevan, selain memang sesuai dengan undang-undang, penggunaan kata karantina memang benar-benar menampatkan kata yang seharusnya.

Lalu bagaimana dengan istilah karantina di ajang pencarian bakat?

Beberapa ajang pencarian bakat, seperti pencarian bakat penyanyi, ahli masak dan talenta lainnya, penggunaan kata karantina sebenarnya tidak salah sepenuhnya, mengingat terlalu dramatis juga jika menggunakan kata "mengurung". Proses karantina dalam ajang pencarian bakat biasanya digunakan untuk menggambarkan kondisi atau proses pembatasan aktifitas peserta dengan dunia luar supaya lebih fokus dalam penguatan talenta.

Semoga bermanfaat.

Diary Siti Salamah Azzahra






Apa komentar anda tentang Tulisan Karantina, Istilah Kesehatan yang Sering dipakai Ajang Pencarian Bakat?

Bahasa Indonesia Lainnya
Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona
Sabtu, 28 Maret 2020 06:50 WIB
Mencari Padanan Kata Lockdown, Cara Menekan Laju Penyebaran Corona
Memang tidak mudah mencari padanan kata dalam Bahasa Indonesia untuk istilah-istilah tertentu, salah satunya yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat yaitu kata Lockdown. Apa yang kata yang paling tepat?
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Rabu, 09 Januari 2019 06:33 WIB
Suatu Saat, Orang Berbahasa Indonesia Baik dan Benar Akan Dianggap Aneh
Percaya atau tidak, suatu saat akan datang dimana orang indonesia yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan terlihat aneh oleh lingkungannya, mungkin saja bisa dianggap sebagai "Alien" yang baru turun ke bumi. Tanda-tandanyapun sudah sering terlihat.
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Sabtu, 05 Januari 2019 12:49 WIB
Kemanakah Seharusnya Rujukan Kamus Bahasa Indonesia Daring Yang Baik?
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) saat ini begitu sangat tebal bila dalam versi cetaknya, hal ini menyebabkan banyak diantara kita yang menjadikan KBBI daring sebagai rujukan. Lalu situs yang mana yang sebaiknya kita gunakan sebagai rujukan?
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Selasa, 25 Desember 2018 10:20 WIB
Bahasa, Sang Pemersatu Sekaligus Media Pemecah Belah
Pacul itu alat untuk mencangkul, tapi tidak sedikit kasus pembunuhan yang menggunakan cangkul, kaca begitu indah untuk bercermin, namun tak sedikit yang terluka menggunakan kaca, begitu pula dengan bahasa, bahasa adalah pemersatu, namun tidak sedikit perpecahan juga disebabkan karena bahasa.