Platform Pembelajaran Daring dan Tahapan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK

Platform Pembelajaran Daring dan Tahapan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK

Oleh | Kamis, 10 Maret 2022 21:39 WIB | 1.174 Views

Proses pembelajaran saat ini sudah sangat akrab dengan bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan juga dari cara membelajarkannyapun sudah banyak menggunakan cara daring, lalu apa saja platform yang biasa digunakan dan bagaimana tahapan pembuatan media pembelajarannya?

Platform Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan bantuan Teknologi informasi memang menantang kita untuk lebih kreatif dan inovatif, untuk pembelajaran daring, biasanya memanfaatkan beberapa platform yang paling sering digunakan.

  1. Untuk Pembelajaran Hybrid atau Blended Learning biasanya menggunakan Google Classroom atau menggunakan LMS yang secara custom dibuat oleh kampus masing-masing.
  2. Untuk media interaksi dan video conferencenya bisa menggunakan Zoom, Google Classrom, Webex atau Microsoft Teams, beberapa juga ada yang mengembangkan sendiri atau pengembangan dari platform opensource seperti Jitsi.

Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan TIK
Sebenarnya banyak cara untuk mengembangkan media pembelajaran, banyak pula tahapannya. Biasanya saya melakukan beberapa tahapan dalam pengembangan media pembelajaran berbantuan TIK yang meliputi:

  1. Menyusun dan merencanakan materi dalam satu pertemuan
  2. Menggunakan Tools yang tersedia untuk membuat Presentasi yang lebih menarik, biasanya saya menggunakan Canva dan Powerpoint.
  3. Menyiapkan platform assement untuk membuat pembelajaran lebih menarik, biasanya saya menggunakan platform gamifikasi 
  4. Menyiapkan tools-tools untuk pembelajaran khususnya untuk Video Conference seperti Zoom.
  5. Selalu melakukan dokumentasi setiap pembelajaran dengan melakukan Record Pembelajaran dan Absensi Online.

Semoga bermanfaat


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Edukasi Lainnya
Apa itu Merdeka Belajar?
Sabtu, 12 Agustus 2023 01:26 WIB
Apa itu Merdeka Belajar?
Merdeka belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.
Membangkitkan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Ibu Melalui Rumah Mainan Anak
Minggu, 09 Juli 2023 09:23 WIB
Membangkitkan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Ibu Melalui Rumah Mainan Anak
Punahnya 11 bahasa daerah di Indonesia pada beberapa tahun terakhir seperti di ungkap Badan Bahasa pada tahun 2016 lalu menandakan betapa terseok-seongnya Bahasa daerah bersaing dengan banyak Bahasa yang hadir di Indonesia khususnya, kepunahan ini ibarat seleksi alam yang terjadi pada Bahasa
Pentingnya Mendaftarkan HAKI atas Karya Cipta Akademik di Era Digital Saat Ini
Senin, 08 Mei 2023 00:10 WIB
Pentingnya Mendaftarkan HAKI atas Karya Cipta Akademik di Era Digital Saat Ini
Karya cipta atau produk akademik saat ini sudah seharusnya segera didaftarkan paten maupun HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) mengingat dalam dunia digital, plagiarisme, duplikasi ide dan gagasan bahkan pencurian ide hingga naskah sering terjadi. Lalu apa pentingnya?
Bangkitkan Bahasa Daerah Lewat  Nyanyian Ibu
Minggu, 09 Oktober 2022 16:54 WIB
Bangkitkan Bahasa Daerah Lewat Nyanyian Ibu
Kepunahan Bahasa daerah hampir dialami oleh setiap negara di dunia ini, hal ini disebabkan karena banyak faktor, salah satu sebabnya adalah semakin sedikitnya penutur untuk setiap Bahasa dan juga derasnya tekanan Bahasa global yang digunakan untuk saling berkomunikasi di era informasi saat ini