Digital Marketing untuk Universitas atau Perguruan Tinggi, Salah Satu Solusi Gaet Calon Mahasiswa

Digital Marketing untuk Universitas atau Perguruan Tinggi, Salah Satu Solusi Gaet Calon Mahasiswa

Oleh | Sabtu, 15 Juli 2023 13:32 WIB | 645 Views

Digital marketing adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh universitas di era modern. Dengan digital marketing, universitas dapat menjangkau lebih banyak calon mahasiswa, meningkatkan brand awareness, dan menarik lebih banyak mahasiswa baru.

Pentingnya Digital Marketing untuk Universitas

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh universitas dengan melakukan digital marketing. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Menjangkau lebih banyak calon mahasiswa: Digital marketing memungkinkan universitas untuk menjangkau lebih banyak calon mahasiswa dari seluruh dunia. Dengan digital marketing, universitas dapat membuat website yang menarik dan informatif, serta membuat akun media sosial yang dapat digunakan untuk berbagi informasi tentang universitas.
  • Meningkatkan brand awareness: Digital marketing dapat membantu universitas untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. Dengan digital marketing, universitas dapat membuat konten yang menarik dan informatif, serta membuat iklan yang dapat menargetkan calon mahasiswa yang sesuai dengan kriteria tertentu.
  • Menarik lebih banyak mahasiswa baru: Digital marketing dapat membantu universitas untuk menarik lebih banyak mahasiswa baru dengan memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang universitas, serta dengan membuat konten yang menarik dan informatif.

Dengan melakukan digital marketing, universitas dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas. Oleh karena itu, digital marketing adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh universitas di era modern.

Langkah Digital Marketing untuk Kampus dan Perguruan Tinggi

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh instansi pendidikan untuk mempromosikan lembaganya melalui digital marketing:

  1. Buat website yang menarik dan informatif. Website adalah salah satu platform digital yang paling penting bagi instansi pendidikan. Website harus dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang lembaga pendidikan, seperti program studi yang ditawarkan, fasilitas yang tersedia, biaya kuliah, dan lain-lain. Website juga harus dirancang dengan menarik dan mudah digunakan, sehingga calon mahasiswa dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.
  2. Buat akun media sosial. Media sosial adalah platform digital yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan calon mahasiswa dan mempromosikan lembaga pendidikan. Instansi pendidikan dapat membuat akun di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Akun media sosial dapat digunakan untuk berbagi informasi tentang lembaga pendidikan, seperti program studi yang ditawarkan, kegiatan mahasiswa, dan lain-lain. Instansi pendidikan juga dapat menggunakan media sosial untuk mengadakan kuis, giveaway, dan event lainnya untuk menarik perhatian calon mahasiswa.
  3. Buat konten yang menarik dan informatif. Konten adalah salah satu hal yang penting dalam digital marketing. Konten yang menarik dan informatif dapat membantu instansi pendidikan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian calon mahasiswa. Konten yang dapat dibagikan oleh instansi pendidikan antara lain artikel, video, infografis, dan lain-lain. Konten harus dirancang dengan menarik dan informatif, sehingga calon mahasiswa dapat dengan mudah memahami informasi yang disampaikan.
  4. Optimalkan website dan media sosial untuk SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan peringkat website atau media sosial di mesin pencari. SEO dapat membantu instansi pendidikan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari, sehingga calon mahasiswa dapat lebih mudah menemukan website atau media sosial instansi pendidikan.
  5. Lakukan iklan digital. Iklan digital adalah salah satu cara untuk mempromosikan lembaga pendidikan kepada calon mahasiswa. Iklan digital dapat dilakukan di berbagai platform, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Iklan digital dapat membantu instansi pendidikan untuk menargetkan calon mahasiswa yang sesuai dengan kriteria tertentu, seperti lokasi, minat, dan lain-lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, instansi pendidikan dapat mempromosikan lembaganya melalui digital marketing dan menarik lebih banyak calon mahasiswa.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Internet dan Teknologi Lainnya
Mau Buat Undangan Digital Untuk Syukuran? MohonDatang.com Solusinya
Rabu, 06 Maret 2024 06:54 WIB
Mau Buat Undangan Digital Untuk Syukuran? MohonDatang.com Solusinya
Undangan digital syukuran memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi acara secara praktis dan efisien. Di era digital ini, banyak orang lebih memilih menggunakan media digital untuk berbagai keperluan, termasuk undangan.
Digitalisasi Sistem Pendidikan Tinggi, Suatu Keniscayaan, Tetapi Tak Mudah di Impelementasi
Jum'at, 04 Agustus 2023 01:38 WIB
Digitalisasi Sistem Pendidikan Tinggi, Suatu Keniscayaan, Tetapi Tak Mudah di Impelementasi
Sistem pendukung pendidikan saat ini memang sudah berbenah, tetapi butuh percepatan yang lebih ngebut dari biasanya, hal ini untuk lebih mengefektifkan proses pendidikan diluar pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi.
Nikah Kekinian, Membuat Undangan Online Digital Melalui Website
Jum'at, 06 November 2020 08:15 WIB
Nikah Kekinian, Membuat Undangan Online Digital Melalui Website
Undangan pernikahan digital saat ini sedang banyak digunakan. Apalagi menyebarkan undangan fisik memang butuh tenaga dan keberanian, selain memang memakan waktu dan biaya yang tinggi, ada solusi lain yang bisa digunakan yaitu dengan membuat undangan pernikahan digital dalam bentuk website
Lama Tidak Update? Ini Tips Naikan Enggament Instagram
Jum'at, 04 Oktober 2019 15:22 WIB
Lama Tidak Update? Ini Tips Naikan Enggament Instagram
Anda lama tidak update sosial media seperti Instagram, butuh tenaga lebih untuk mengembalikan enggagement yang dulu pernah stabil atau pernah tinggi sebelum lama pakem tidak update. Berikut tips dari saya berdasarkan pengalaman saya.