Digitalisasi Sistem Pendidikan Tinggi, Suatu Keniscayaan, Tetapi Tak Mudah di Impelementasi

Digitalisasi Sistem Pendidikan Tinggi, Suatu Keniscayaan, Tetapi Tak Mudah di Impelementasi

Oleh | Jum'at, 04 Agustus 2023 01:38 WIB | 384 Views

Sistem pendukung pendidikan saat ini memang sudah berbenah, tetapi butuh percepatan yang lebih ngebut dari biasanya, hal ini untuk lebih mengefektifkan proses pendidikan diluar pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi. Sistem digitalisasi ini tentu harus ada sinergi yang kuat antara kampus atau perguruan tinggi, LLDIKTI dan juga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek.

Kurang Sinkronisasi

Permasalahan yang ada saat ini sering dialami oleh kampus-kampus baru dan kecil dimana banyak sistem yang ada belum terintegrasi dengan baik ke sistem pusat mauapun LLDIKTI, hal ini sangat mempengaruhi laporan, sinkronisasi data, proses usulan dan yang lainnya yang menyebabkan banyak pekerjaan manual yang harus dilakukan oleh operator di tiap level untuk melakukan singkronisasi.

Kurangnya otomatisasi singkronisasi juga lebih jauh menghambat proses pendidikan diluar pembelajaran juga yang meyebabkan kurang efektifnya proses administrasi yang dialami oleh mahasiswa, dosen bahkan perguruan tingginya itu sendiri.

Tidak adanya singkronisasi yang baik juga menyebabkan ada ketimpangan data, baik data yang berlebih atau duplikat atau juga data yang kurang atau tidak sama. Hal ini akan terjadi terus menerus selama integritas antar pihak masih kurang.

Kabar akan hadirnya Sister Cloud menjadi angin sejuk untuk digitalisasi pendidikan tinggi, setelah sebelumnya Sinta, Bima, Arjuna dan garuda ikut berberbenah. Saya pikir suatu hari dosen hanya akan menggunakan satu ID NIDN saja untuk login disemua sistem yang ada, termasuk di kampus.

Pentingnya Dukungan Sistem Pendidikan

Digitalisasi sistem pendidikan perguruan tinggi dan Kemendikbud adalah proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan. Digitalisasi pendidikan adalah proses yang kompleks dan membutuhkan perencanaan yang matang. Namun, digitalisasi pendidikan adalah investasi yang penting untuk masa depan pendidikan Indonesia. Dengan digitalisasi pendidikan, Indonesia dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan, serta meningkatkan daya saing lulusan pendidikan di dunia kerja.

Digitalisasi pendidikan adalah proses yang terus berkembang. Dengan perkembangan teknologi, digitalisasi pendidikan akan semakin meningkat dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pendidikan Indonesia.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Internet dan Teknologi Lainnya
Mau Buat Undangan Digital Untuk Syukuran? MohonDatang.com Solusinya
Rabu, 06 Maret 2024 06:54 WIB
Mau Buat Undangan Digital Untuk Syukuran? MohonDatang.com Solusinya
Undangan digital syukuran memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi acara secara praktis dan efisien. Di era digital ini, banyak orang lebih memilih menggunakan media digital untuk berbagai keperluan, termasuk undangan.
Digital Marketing untuk Universitas atau Perguruan Tinggi, Salah Satu Solusi Gaet Calon Mahasiswa
Sabtu, 15 Juli 2023 13:32 WIB
Digital Marketing untuk Universitas atau Perguruan Tinggi, Salah Satu Solusi Gaet Calon Mahasiswa
Digital marketing adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh universitas di era modern. Dengan digital marketing, universitas dapat menjangkau lebih banyak calon mahasiswa, meningkatkan brand awareness, dan menarik lebih banyak mahasiswa baru.
Nikah Kekinian, Membuat Undangan Online Digital Melalui Website
Jum'at, 06 November 2020 08:15 WIB
Nikah Kekinian, Membuat Undangan Online Digital Melalui Website
Undangan pernikahan digital saat ini sedang banyak digunakan. Apalagi menyebarkan undangan fisik memang butuh tenaga dan keberanian, selain memang memakan waktu dan biaya yang tinggi, ada solusi lain yang bisa digunakan yaitu dengan membuat undangan pernikahan digital dalam bentuk website
Lama Tidak Update? Ini Tips Naikan Enggament Instagram
Jum'at, 04 Oktober 2019 15:22 WIB
Lama Tidak Update? Ini Tips Naikan Enggament Instagram
Anda lama tidak update sosial media seperti Instagram, butuh tenaga lebih untuk mengembalikan enggagement yang dulu pernah stabil atau pernah tinggi sebelum lama pakem tidak update. Berikut tips dari saya berdasarkan pengalaman saya.