Jurnalistik Kekinian Ala Narasi TV

Jurnalistik Kekinian Ala Narasi TV

Oleh | Kamis, 29 Oktober 2020 22:11 WIB | 1.023 Views

Mata saya setidaknya fokus sekitar sembilan menit ketika menonton video yang berjudul 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah yang diunggah oleh akun Youtube Narasi Newsroom,  saya sangat takjub, dalam hati saya berucap, mungkin inilah contoh kolaborasi antara Jurnalistik, Bahasa dan Teknologi. Sebelum lebih jauh kita membahasnya, terlebih dahulu anda coba tonton videonya berikut ini.

Sudah menonton videonya?

Hal pertama yang saya ingin ungkapkan adalah, "Inilah jurnalistik kekinian" yang tidak hanya menerima informasi matang saja dari sumber kemudian dirangkai kata dalam berita, tetapi lebih jauh dari itu, menggabungkan kemampuan teknologi terkini dengan mengambil data yang bukan hanya sekedar narasi, tapi video dari dari berbagai sumber.

Bahasa berita yang digunakan NarasiTV memang tidak akan jauh dari apa sering kita dengar dari Najwa Sihab, tapi cara bagaimana data itu dicari, di-capture, diproses dan disajikan menjadi hal yang tidak biasa bagi Jurnalistik di Indonesia, maka pantas saja baru 2 hari tayang, video ini sudah ditonton lebih dari 500 ribu orang. Padahal, video ini bukan video yang diupload oleh Youtubers dengan lebih dari 10 juta subscriber.

Dalam videonya, penggunaan teknologi sangat kental yang menguatkan narasi khas NarasiTV. Penggunaan CCTV, penggunaan sejumlah program yang berjalan pada lingkungan Command Line Interface sangat jelas terlihat seperti saat menjalankan program berbasis Artificial Intelegent (AI) dan Meachine Learning (ML) dan pastinya cara bagaimana mengedit video.

Model jurnalistik seperti ini yang menggabungkan kekuatan bahasa, kaidadah-kaidah jurnalistik, data dan teknologi sepertinya bakal menjadi trend kedepannya. Mungkin satu saat sajian khas 86 misalnya tentang kriminal akan menggabungkan teknologi juga.

Dunia memang sangat dinamis, semua bergerak cepat, memang ada impact positifnya, buruknya juga ada, bagaimana kita yang memanfaatkan.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Sudut Pandang Lainnya
Pergantian Presiden Ada Kemungkinan Ganti Menteri, Akankah Kurikulum Pendidikan Juga Berganti?
Kamis, 04 Juli 2024 21:41 WIB
Pergantian Presiden Ada Kemungkinan Ganti Menteri, Akankah Kurikulum Pendidikan Juga Berganti?
Pergantian kepemimpinan di tingkat nasional selalu membawa dinamika baru dalam pemerintahan, tidak terkecuali di Indonesia. Setiap kali presiden baru terpilih, sering kali terjadi perubahan susunan kabinet, termasuk posisi menteri-menteri strategis seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Kuatnya Bahasa Indonesia dalam Pergaulan Internasional, Sekuat Negaranya
Jum'at, 29 Juli 2022 07:54 WIB
Kuatnya Bahasa Indonesia dalam Pergaulan Internasional, Sekuat Negaranya
Mau tidak mau, suka tidak suka, pernyataan bahwa, kuatnya sebuah negara sangat dipengaruhi oleh kedigdayaan negara asal bahasa itu sendiri. Ibaratnya, seseorang yang suka terhadap lawan jenis, maka ia akan sekuat tenaga mempelajarinya, termasuk bahasa yang dia gunakan.
Wattpad yang Semakin Digandrungi Generasi Kini, Apa Sebabnya?
Selasa, 29 Maret 2022 08:22 WIB
Wattpad yang Semakin Digandrungi Generasi Kini, Apa Sebabnya?
Sepertinya Wattpad makin populer saja di Indonesia, platform yang dikenal di Indonesia dengan kumpulan karya cerpen maupun jenis tulisan lainnya ini saat ini menempati satu dari sekian website dan aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi Z, kenapa ya?
Mahasiswa dan Dosen Tak Ingin Lagi Tatap Muka?
Selasa, 20 April 2021 22:28 WIB
Mahasiswa dan Dosen Tak Ingin Lagi Tatap Muka?
Mendengar kabar hasil survey Universitas Indonesia terkait perkuliahan tatap muka atau daring? hasilnya memang cukup membuat gaduh sosial media, karena bila dilihat dari keseluruhan hasil survey ternyata baik mahasiswa maupun dosen lebih suka pembelajaran daring daripada pembelajaran tatap muka. Bagaimana yah?