Wattpad yang Semakin Digandrungi Generasi Kini, Apa Sebabnya?

Wattpad yang Semakin Digandrungi Generasi Kini, Apa Sebabnya?

Oleh | Selasa, 29 Maret 2022 08:22 WIB | 1.014 Views

Wattpad adalah layanan situs web dan aplikasi telepon pintar asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Sepertinya Wattpad makin populer saja di Indonesia, platform yang dikenal di Indonesia dengan kumpulan karya cerpen maupun jenis tulisan lainnya ini saat ini menempati satu dari sekian website dan aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi Z, kenapa ya? saya melihat setidaknya ada 5 sebab kenapa Wattpad makin digandrungi oleh pembaca Indonesia.

Yang pertama, mau tidak mau, bisa dibilang whatpad adalah perintis platform yang menyediakan bacaan menarik untuk generasi saat ini, dengan penyajian yang menarik, pemilihan platform web dan mobile juga mempengaruhi kemudahan membaca.

Kedua, makin banyak penulis keren yang nyemplung di Wattpad , alhasil banyak tulisan baik cerita pendek atau jenis tulisan lainnya yang semakin menarik untuk dibaca, orang semakin terpukau setiap membaca bab demi babnya, apalagi sebagian penulis menyajikan babnya tidak secara langsung disampaikan, ibarat part ataupun episode dalam sebuah series sehingga menambah rasa penasaran dari pembaca.
 

Ketiga, Wattpad bekerjasama secara langsung dengan produsen film sehingga tidak sedikit cerita yang ada di Wattpad diangkat dalam sebuah film, sebuah series. Kehadiran Televisi On Demand Online atau Aplikasi Streaming seperti Vidio kalau di Indonesia yang mulai banyak digunakan masyarakat menambah penasaran akan Whatpad, jadi semacam simbiosis mutualisme antara Wattpad dan TV Online. Semakin banyaknya karya Wattpad yang difilmkan juga memacu penulis untuk terus memperbanyak karyanya di Wattpad.

Keempat, selain bekerjasama dengan TV online, Wattpad juga bekerjasama dengan publisher buku sehingga tidak sedikit buku yang dibuat memang hasil cetakan dari versi onlinenya Wattpad , dan ini memiliki pasar tersendiri dan menghadirkan simbiosis mutualisme kembali diantara keduanya.

Kelima, ini yang menjadi pamungkas. Anak generasi Z salah satu generasi yang lebih senang membaca di platform digital ketimbang buku novel atau kumpulan cerpen yang cukup tebal, mereka seolah membawa ribuan novel atau cerpen hanya dalam satu device yang bisa mereka bawa kemana-mana.

Setiap generasi memang ada cara tersendiri untuk menikmati sebuah karya sastra, tak bisa pula memaksa mereka membaca cerpen dikoran, atau membaca novel di buku novel, kita yang bisa jadi harus masuk di dunia, dimana mereka berada.


Baca Full Text (PDF) Diary Siti Salamah Azzahra






Sudut Pandang Lainnya
Kuatnya Bahasa Indonesia dalam Pergaulan Internasional, Sekuat Negaranya
Jum'at, 29 Juli 2022 07:54 WIB
Kuatnya Bahasa Indonesia dalam Pergaulan Internasional, Sekuat Negaranya
Mau tidak mau, suka tidak suka, pernyataan bahwa, kuatnya sebuah negara sangat dipengaruhi oleh kedigdayaan negara asal bahasa itu sendiri. Ibaratnya, seseorang yang suka terhadap lawan jenis, maka ia akan sekuat tenaga mempelajarinya, termasuk bahasa yang dia gunakan.
Mahasiswa dan Dosen Tak Ingin Lagi Tatap Muka?
Selasa, 20 April 2021 22:28 WIB
Mahasiswa dan Dosen Tak Ingin Lagi Tatap Muka?
Mendengar kabar hasil survey Universitas Indonesia terkait perkuliahan tatap muka atau daring? hasilnya memang cukup membuat gaduh sosial media, karena bila dilihat dari keseluruhan hasil survey ternyata baik mahasiswa maupun dosen lebih suka pembelajaran daring daripada pembelajaran tatap muka. Bagaimana yah?
Jurnalistik Kekinian Ala Narasi TV
Kamis, 29 Oktober 2020 22:11 WIB
Jurnalistik Kekinian Ala Narasi TV
Mata saya setidaknya fokus sekitar sembilan menit ketika menonton video yang berjudul 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah yang diunggah oleh akun Youtube Narasi Newsroom, saya sangat takjub, dalam hati saya berucap, mungkin inilah contoh kolaborasi antara Jurnalistik, Bahasa dan Teknologi.
Bahasa Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona
Selasa, 24 Maret 2020 07:33 WIB
Bahasa Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona
Siapapun pasti sedih dengan mewabahnya virus corona, hampir semua sendi kehidupan terpukul dengan adanya wabah ini, bagaimana tidak, banyak aktifitas yang harus benar-benar dibatasi bahkan dihentikan, demi menekan penyebaran virus yang bernama resmi Covid-19 ini. Semua bergerak, berusaha untuk berperan. Lalu bagaimana bahasa Indonesia ditengah wabah corona ini?